drg and drop
Drag and Drop
Dari
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dalam
pengguna komputer grafis antarmuka, drag dan drop
adalah gerakan perangkat penunjuk di mana pengguna memilih objek virtual dengan
"meraih" dan menyeretnya ke lokasi yang berbeda atau ke benda virtual
lain. Secara umum, dapat digunakan untuk memanggil berbagai jenis tindakan,
atau membuat berbagai jenis asosiasi antara dua benda abstrak. Sebagai fitur,
drag-and-drop dukungan tidak ditemukan di semua perangkat lunak, meskipun kadang-kadang
dengan teknik cepat dan mudah untuk belajar. Namun, tidak selalu jelas bagi
pengguna bahwa item dapat menyeret dan menjatuhkan, yang dapat menurunkan
kegunaan.
Aksi
Urutan dasar
yang terlibat dalam drag dan drop adalah:
- Pindahkan pointer ke objek
- Tekan, dan tahan, tombol pada mouse atau perangkat penunjuk lainnya, untuk "ambil" objek,
- "Drag" objek ke lokasi yang diinginkan,
- "Drop" objek dengan melepaskan tombol.
Menyeret
membutuhkan upaya lebih fisik daripada memindahkan perangkat penunjuk yang sama
tanpa menekan tombol apapun. Karena itu, pengguna tidak dapat bergerak cepat
dan tepat sambil menyeret (lihat hukum Fitts). Namun, drag-and-drop operasi
memiliki keuntungan serius chunking bersama dua operand (obyek untuk menyeret,
dan lokasi drop) ke dalam satu tindakan.[2] Diperpanjang menyeret dan
menjatuhkan (seperti dalam desain grafis) dapat menekankan tangan mousing.
Masalah
muncul ketika desain tombol yang sama memilih dan menyeret item. Gerakan yang
tidak tepat dapat menyebabkan menyeret ketika pengguna hanya ingin memilih.
Masalah lain
adalah bahwa target menjatuhkan dapat disembunyikan di bawah benda-benda
lainnya. Pengguna harus menghentikan menyeret, membuat kedua sumber dan target
terlihat dan mulai lagi. Dalam Mac OS klasik menu bar top-of-screen menjabat
sebagai universal "seret membatalkan" target. Masalah ini telah
dibahas dalam Mac OS X dengan pengenalan Exposé.
Komentar
Posting Komentar