OMP

A.    Pengertian Rapat
1.      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, rapat adalah pertemuan (kumpulan) untuk membicarakan sesuatu, sidang, majelis.2.      Rapat merupakan komunikasi kelompok secara resmi3.      Rapat merupakan musyawarah kelompok untuk mufakat4.      Rapat merupakan media komunikasi kelompok yang bersifat tatap mukaDari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan, bahwa rapat adalah suatu pertemuan antar anggota organisasi/perusahaan yang bertujuan untuk merundingkan/memecahkan masalah yang menyangkut organisasi/perusahaan.
B.     Fungsi RapatFungsi penyelenggaraan suatu rapat, yaitu sebagai berikut:1.      Untuk memecahkan masalah2.      Untuk menyampaikan informasi3.      Sebagai forum demokrasi4.      Sebagai alat koordinasi yang baik5.      Sebagai sarana bernegoisasi6.      Sebagai sarana pembentukan peraturan

C.     Jenis-Jenis RapatJenis-jenis rapat dapat dibedakan berdasarkan segi peninjauannya, yaitu sebagai berikut:1.      Menurut Tujuannya

a.       Rapat penjelasanRapat penjelasan yaitu, rapat yang dilaksanakan untuk memberikan penjelasan kepada para peserta rapat. Dalam rapat penjelasan peserta rapat tidak hanya mendengarkan penjelasan dari pemimpin rapat, tetapi juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.b.      Rapat pemecahan masalahRapat pemecahan masalah yaitu, rapat yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Pada rapat ini peran peserta sangat besar untuk memberikan masukan.c.       Rapat perundinganRapat perundingan yaitu, rapat yang dilakukan untuk merundingkan suatu perselisihan atau mencari jalan tengah agarvtidak merugikan pihak yang berselisih.

2.      Menurut Sifatnya

a.       Rapat resmi (formal meeting), yaitu yang di selenggarakan untuk membahas masalah-masalah yang sangat penting, dan berlaku peraturan keprotokolan yang mengatur kelancaran jalannya rapat.
b.      Rapat tidak resmi (informal meeting), yaitu rapat yang diadakan tidak berdasarkan perencanaan yang formal. Rapat ini tidak memerlukan persiapan istimewa dan biasanya dilakukan untuk mendiskusikan suatu hal yang terjadi secara tiba-tiba.
c.       Rapat terbuka, yaitu rapat yang dapat dihadiri oleh semua anggota            informasi/perusahaan dan materi yang dibahas tidak bersifat rahasia.
d.      Rapat tertutup, yaitu rapat yang dihadiri oleh peserta rapat tertentu dan masalah yang dibahas masalah yang bersifat rahasia.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MY MAJOR ( LP3I BUSINESS COLLEGE BANDA ACEH )

interview 13

Computer driver function 30